Thursday, October 25, 2018

Tentang Resilience: Remi's Rebellion



Kak Nellaneva sudah dikenal dengan cerita fantasinya yang keren. Dharitri dan Palagan Nusantara adalah judul-judul buku yang sudah terbit. Kali ini Kak Nell hadir dengan genre lain, yaitu fiksi umum.
Resilience: Remi's Rebellion. Bercerita tentang pergumulan dan pencarian jati diri Remi, buku ini baru saja terbit dan menunggu kalian menjemputnya.
Simak yuk, cerita di balik penulisan Resilience: Remi's Rebellion.

Q: Ide cerita Remi sepertinya berat dan serius. Gimana Kak Nell kepikiran menulis cerita dengan tema seperti itu?

A : Jujur, ide cerita Remi banyak mencukil dari pengalaman pribadi. Aku hanya menuliskannya sebagai sarana pelampiasan sekaligus introspeksi diri. Selain itu, aku juga cukup prihatin dengan kurang beragamnya cerita-cerita remaja yang marak beredar kini. Bagi sebagian orang, kisah romansa yang dominan barangkali lebih asyik untuk dibaca, tetapi masa remaja adalah masa pencarian jati diri sehingga kurasa cerita yang menekankan hal itu sangat diperlukan. Melalui Resilience: Remi’s Rebellion, aku ingin mengajak orang-orang (terutama remaja) supaya mengenali dan menghargai diri mereka dengan lebih baik.


Q: Selama ini Kak Nell lebih banyak menulis cerita dengan genre fantasi. Apakah ada kesulitan ketika menulis Remi?

A: Tidak juga, sebab—merujuk pada jawaban di poin pertama—aku banyak mencomot pengalaman pribadi sehingga penyusunan cerita Remi sama mudahnya seperti menulis diari. Penulisannya lancar, meskipun terkadang untuk beberapa bagian yang cukup sensitif, aku harus berhenti cukup lama hanya untuk merenungkan perlu atau tidaknya menyertakan bagian tersebut. Terdapat beberapa aspek yang memerlukan riset juga, terutama sedikit referensi psikologis yang kuselipkan di dalam cerita ini. Selebihnya, Resilience: Remi’s Rebellion menceritakan cara pandang tokoh utamanya sebagai remaja (Part 1) dan dewasa muda (Part 2) dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana dia menyikapi masalah-masalah dalam pergaulan sosialnya.


Q : Apa harapan kakak untuk setiap pembaca Remi?

A : Kepribadian Remi dan masalah-masalah yang dihadapinya sebetulnya merupakan hal yang lumrah terjadi di lingkungan sosial kita. Sayangnya, seringkali kita memandang orang-orang seperti Remi secara sebelah mata, padahal mereka ada di sekitar kita dan membutuhkan dukungan melalui pertemanan yang tulus. Melalui cerita ini, aku ingin menyampaikan pesan supaya kita tidak mengucilkan orang-orang seperti Remi dan justru merangkulnya. Berlaku sebaliknya; orang-orang seperti Remi perlu menemukan cara terbaik untuk membuka diri dan berbaur, termasuk dengan cara mempunyai teman atau orang terdekat yang tepat. Aku juga ingin menyampaikan pesan ini pada orang-orang yang merasa kesulitan mencari teman: tenanglah, kamu tidak sendirian. Akan ada orang yang menerima kita apa adanya bila kita cukup sabar dan gigih mencari. Semoga cerita ini bisa menjadi inspirasi atau panduanmu, ya :)

Sukses terus ya Kak Nell. Semoga bukunya tidak hanya laris manis, tapi juga memberi manfaat kepada yang membaca.
Kak Nellaneva bisa ditemui di :https://www.wattpad.com/user/Nellaneva
Follow juga instagramnya : https://www.instagram.com/nellaneva94/

No comments:

Post a Comment