Monday, May 28, 2018

Wulan BenitoBonita



Wulan BenitoBonita mulai menulis di Wattpad  sejak Februari 2017. Tidak butuh waktu lama, tulisannya langsung mendapatkan respon baik dari pembaca. Berbagai penghargaan juga berhasil diraih. Naskahnya terpilih menjadi Nomine "Naskah Fantasi Terbaik" di ajang Wattpadlit Awards 2017.





Dari tangannya, lahir Aaric's Bride dan Grant's Mate yang sudah terbit. 





Dalam waktu dekat, satu lagi karyanya yang akan hadir. Puerro Series: Penyihir Terakhir
 
Terbit JUNI 2018


Berikut wawancara singkat dengan Wulan,  semoga menginspirasi Brandbuddies.

Q: Sejak kapan Kak Wulan menulis?

A: Saya mulai menulis sejak berumur 8 tahun. Namun, saya tidak pernah mendalami ilmu penulisan yang baik. Bahkan pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang paling menakutkan untuk saya.

 Q: Menulis di mana aja sekarang? 

A: Sekarang saya fokus menulis di wattpad dan sweek. 

Q : Gimana sih caranya memelihara passion agar enggak kendor? 

 A: Awalnya hanya karena ingin belajar disiplin. Menulis setiap hari agar terbiasa. Sekarang malah jadi kebiasaan. Tanpa menulis rasanya ada yang kurang. 

Q: Ceritakan dong perjalan Puerro sampai akhirnya bisa terbit?

 A: Ide kasar Puerro muncul saat tahun 1998, di mana isu rasialis kala itu sangat kental. Saya berpikir seandainya kita dapat mengatasi perbedaan dengan berhenti mengelompokkan manusia dalam kotak-kotak berlabel SARA tentu hasilnya akan sangat baik. Kisah asli Puerro jauh lebih suram dari versi yang saat ini bisa dibaca cuplikannya di wattpad. Mungkin selama bertahun-tahun revisi dan bertambahnya pengalaman saya dalam menulis, membuat karakter beberapa tokoh menjadi lebih halus.

 Puerro adalah karya pertama yang saya terbitkan di wattpad tahun 2017. Cerita ini walau kala itu masih sangat berantakan PUEBI dan kurang sekali di World Buildingnya, tetapi berhasil masuk 10 karya wattpad terbaik versi Kak Ary Nilandry (sponsor Mizan) dan masuk nominasi cerita fantasi terbaik versi wawa wattpadlit award (sponsor Fantasious). Karena dukungan para pembaca setia, akhirnya saya memutuskan untuk menerbitkan Puerro di bawah naungan Grass Media. 

Q: Apa impian kakak ke depannya sebagai penulis

 A: Saya ingin terus berkarya dengan menciptakan banyak kisah fantasi yang menghibur pembaca. Saat ini saya juga sedang terlibat proyek pembuatan komik berjudul Lady Wyvern dan membuka kelas menulis online khusus genre fantasi. Saya berharap para penulis pemula yang menulis genre fantasi untuk terus semangat berkarya walau memang tantangan menerbitkan karya fantasi lebih berat dibandingkan karya lainnya.

Di sela-sela kesibukannya menulis, Wulan juga memberikan pelatihan untuk penulis yang ingin belajar menulis cerita fantasi.

Follow Wulan di:  Wattpad: @BenitoBonita,
 Sweek: @Benito_Bonita

No comments:

Post a Comment